Jumat, 27 November 2009

Menjaga Hati

"Saya tidak dapat memastikan bagaimana respon orang terhadap saya. Bisa saja mereka iri hati, benci, dendam tapi yang pasti saya dapat memastikan hati saya bersih di hadapan Allah."

Demikian perkataan Pdt AH Mandey dalam pembahasannya mengenai suatu pelajaran di Sekolah Alkitab Batu Malang akhir tahun 1995. Pengajaran beliau begitu melekat dalam hati saya. Sehingga bertahun-tahun kemudian saya menemukan rhema dari perkataannya itu membuat saya selalu bergembira meski menghadapi orang-orang yang tidak tepat.

Saya membayangkan sebagai pemimpin GPdI puluhan tahun pastilah beliau memiliki orang-orang yang kagum dengannya namun juga orang-orang yang tak sepaham dengan pendapatnya. Namun sikap beliau diatas setidaknya telah membuatnya bebas dari hati yang penuh kepahitan.

Ayat Alkitab mengenai hati lantas melintas dalam pikiran saya yakni dalam Amsal 4:23, Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. Kepahitan, dendam, benci, sakit hati, iri hati dll bersumber dari hati. Orang-orang yang mengijinkan hatinya menjadi sumber kehidupan akan membersihkannya dari semua itu.

Di kampung mama saya di Minahasa, orang-orang memakai air minum yang berasal dari sumber mata air pegunungan asli. Rasanya segar dan benar-benar murni. Dialirkan dari sebuah mata air yang selalu dirawat tiap hari ke dalam pipa-pipa yang terjamin kualitasnya dan dikucurkan hanya pada pagi dan sore hari.

Semua orang tahu pentingnya menjaga mata air itu. Mereka tidak akan menebang pohon di sekitarnya dan berbuat hal-hal yang akan mencemarkan mata air. Mereka menjaganya dengan baik sehingga hanya air bersih dan jernih yang mengalir dari sana.

Sementara itu untuk memenuhi kebutuhan mereka yang lain akan air seperti mandi dan cuci bahkan kakus maka mereka menggunakan aliran sungai kecil dan juga sumur. Yang menyedihkan aliran sungai tidak dipelihara dengan baik sehingga disana bertumpuk busa sabun dan juga kotoran manusia bahkan ada pula kotoran babi.

Kedua hal ini dapatlah menggambarkan dua sikap hati dalam diri setiap orang. Orang-orang yang menjaga hatinya sedemikian sehingga tidak menyimpan dendam didalamnya sama dengan orang yang menjaga mata air sehingga tetap mengalirkan air yang jernih. Sementara orang-orang yang tidak menjaga hatinya membuat semua kepahitan, kegeraman, dendam, iri hati dll merasuk sedemikian sehingga membuat hatinya pahit dan menjadi hitam karena kotoran. Mereka ibarat orang-orang yang tidak menjaga sumber air sehingga sungai mereka penuh dengan sampah.

Setiap kali ada orang yang mengirimkan pesan neagatif dalam inbox email saya, ataupun sebuah sms ataupun sebuah perkataan langsung saya selalu teringat mata air jernih diatas. Dan yang paling penting ayat firman Tuhan dalam Amsal 4:23 selalu melintas dalam kepala saya. Menjaga hati dengan segala kewaspadaan adalah lebih penting ketimbang dendam atau sakit hati. Meski demikian saya merasa perlu memberikan penjelasan dan klarifikasi untuk mengklarifikasi berbagai tuduhan yang ada. Dengan demikian mereka yang mengirimkan pesan negatif itu dapat mengerti. Kalaupun mereka tidak mengerti dan berusaha memahami maka saya akan kembali kepada poin Pdt Mandey di atas, yang penting hati saya tetap bersih di hadapan Allah. Bagaimana dengan anda?

(Hendra Kasenda)

*Info k3
1.Layanan "Aku Mengasihimu" selalu dibuka,
bagi yang mau share,konseling silakan kirim privat message ke Keluarga Kasih Kristus.

2.SMS AIR KEHIDUPAN(tulis juga di statusmu)
Manusia hidup blm tentu memiliki kehidupan di dlm hdpnya,bila manusia i2 hdpnya memilih keluar dari panggilanNya.Hanya manusia yg menerima panggilanNya di dlm hidupnyalah yg memiliki KEHIDUPAN.

3.Layanan "We are blessed" layanan konseling lewat sms atau telpon.
silakan hubungi para konselor Keluarga Kasih Kristus
hub/sms:
*K3 Aquila (081802425660)
*K3 Deddy (0818107878)
*K3 Lisa (081908072131)
*K3 Yana (081933943399)
*K3 Stevanus (08982261134)
*K3 Putri (081221762625)(085659310339)
*K3 David 087878577654

konseling lewat ym?
add yach ym
k3 Merlin:
mrl_san@yahoo.com
k3 Aquilla:
rukawa_the_mvp@yahoo.com
k3 Lisa:
scorpio_lisa75


4.Bagi yang punya info kegiatan gereja,info lowongan pekerjaan bisa share ke Keluarga Kasih Kristus ya.
atau di share langsung di topik Grup "Ladang Tuhan"
Ada yang mau memberkati dengan membagi artikel?silakan kirim artikel yang memberkati ke Keluarga Kasih kristus ya.>_<
Salam.Gbu.
Kami siap selalu menjadi Saudaramu.Keluarga Kasih Kristus


5.siapa yg mau memberkati dgn mengirim sms berkat ke k3 dan nanti bisa dijadikan sms air kehidupan dan status di di akunnya k3 boleh kirim ke
K3 Lisa (081908072131)

6.statusku hari ini
Sering mengeluh dgn apa yg terjadi dlm hdp qt,berarti qt masih ada keraguan atas rancanganNya yg sempurna dlm hdp qt.ucpn syukur i2 penting.bukti bhw qt pecy bhw rencanaNya dlm hdp qt tdk akan pernah gagal.Terjadilah kehendakMu y Bapa dlm hdp km.

7.BaGI saudaraku yang terbeban untuk berdoa syafaat bagi INdonesia,bagi pekerjaan2 TUHAN dan lawatan Tuhan segera datang di Indonesia,dan untuk mematahkan segala kutuk dalam kehidupan dan jadi berkat buat banyak orang,saudara bisa dapatkan doa-doa syafaat khusus di blognya k3..
kunjungi k3ku.co.cc
Mari satukan hati anak2 Tuhan bersyafaat jadi berkat bagi bangsa ini.Amien.>_<

http://www.facebook.com/group.php?gid=83141696722

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih ya... :)